MAKALAH IMUNISASI DAN ASUHAN KEBIDANAN

 

BABI
PENDAHULUAN
 
A.     Latar Belakang
Dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan terutama Bayi dananak, maka di perlukan upaya kesehatan seperti peningkatan terhadap upaya pencegahan suatu penyakitdan peningkatan terhadap pelayanan pengobatan.untuk memenuhi tujuan tersebut pemerintah harus memberikan pelayanan yang terbaik.Untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan Bayi dan anak ini perluadanya sumber daya manusia yaitu tenaga kesehatan misalnyadokter,bidan,perawat dan dsb yang profesional. Sarana dan prasarana yangmemadai dan alat-alat yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masyarakatuntuk pelayanan kesehatannya.apabila dari komponen di atas kurang maka pelayanan kesehatan yang di berikan akan kurang berkualitas
 
B.     Rumusan Masalah.
Berdasarkanlatarbelakang di atasdapat di rumuskanmasalahsebagai berikut:
a.   Bagaimana konsep dasar dariimunisasi 
b.    ApaPengertiandariimunisasi
c.    Apakahtujuan dari imunisasi
d.    Apasajamacam-macamdariimunisasi
e.       Apasajajenis-jenisimunisasif.Bagaimanamekanismeimunisasi
 
C.     Tujuan.
Berdasarkan Rumusan masalah di atas dapat di tentukan tujuan sebagai  berikut:
1.      Untuk mengetahui bagaimana konsep dasar dari imunisasi 
2.      Untuk mengetahui apa pengertian imunisasi
3.      Untuk mengetahui tujuan dari imunisasi
4.      Untuk mengetahui macam-macam dari imunisasi
5.      Untuk mengetahui jenis-jenis imunisasi.
6.      Untuk mengetahui Bagaimana mekanisme kerja dari imunisasi

7.       
BAB II
PEMBAHASAN
 
KONSEP DASAR IMUNISASI
 
A.     PENGERTIAN IMUNISASI.
Imunisasi adalah suatu prosese untuk membuat sistem pertahanantubuh kebal terhadap infasi mikroorganisme (bakteri dan virus). Yangdapat menyebabkan infeksi sebelum mikroorganisme tersebut memilikikesempatan untuk menyerang tubuh kita. Dengan imunisasi tubuh kitaakan terlindungi dari infeksi begitu pula orang lain. Karena tidak tertulardari kita
 
B.     TUJUANIMUNISASI.
Tujuandariimunisasiadalahuntukmenguranggiangka penderitaan suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Beberapa penyakit yangdapat di hindari dengan imunisasi yaitu:
•          Hepatitis.
•          Campak.
•          Polio.
•          Difteri.
•          Tetanus.
•          Batuk Rejan.
•          Gondongan
•          Cacar air
•          TBC
 
C.     MACAM-MACAM IMUNISASI.
•          Imunisasi Aktif.
Adalahkekebalantubuhyangdidapatseorangkarenatubuh yang secaraaktifmembentuk zat antibodi, contohnya:imunisasi polio atau campak. Imunisasi aktif juga dapat di bagi2 macam:
–          Imunisasi aktif alamiahAdalah kekebalan tubuh yang secara ototmatis di peroleh sembuh dari suatu penyakit.
–          Imunisasi aktif buatanAdalah kekebalan tubuh yang di dapat darivaksinasi yang di berikan untuk mendapatkan perlindungan dari suatu penyakit.
•          Imunisasi Pasif.
Adalah kekebalan tubuh yang di dapat seseorang yangzat kekebalantubuhnya di dapatdariluar.ContohnyaPenyuntikan ATC (Anti tetanus Serum).Pada orang yangmengalami luka kecelakaan. Contah lain adalah: Terdapat pada bayi yang baru lahir dimana bayi tersebut menerima berbagi jenis antibodi dari ibunya melalui darah placentaselamamasakandungan.misalnyaantiboditerhadapcampak. Imunisasi pasif ini di bagi yaitu:
–          Imunisai pasif alamiahAdalahantibodiyangdidapatseorangkarenaditurunkanolehibuyangmerupakanorangtuakandunglangsung ketika berada dalam kandungan.
–          Imunisasi pasif buatan Adalahkekebalantubuhyangdiperolehkarenasuntikan serum untuk mencegah penyakit tertentu
 

 
D.     JENIS-JENIS IMUNISASI
1.      ImunisaiBCGadalahprosudermemasukkanvaksinBCGyangbertujuanmemberikekebalantubuhterhadapkumanmycobakterium tuberculosis dengan cara menghambat penyebarankuman.
2.      Imunisasihepatitis B adalahtindakanimunisasidengan pemberian vaksin hepatitis B ke tubuh bertujuan memberikekebalan dari penyakit hepatitis.
3.      Imunisasipolioadalahtindakanmemberivaksin poli (dalam bentuk oral) atau di kenaldengannamaoralpoliovaccine (OPV) bertujuanmemberikekebalandaripenyakit poliomelitis.Imunisasidapat di berikanempatkalidengan 4-6minggu.
4.      ImunisasiDPTadalahmerupakantindakanimunisasi dengan memberi vaksin DPT (difteri pertusis tetanus)/DT (difteri tetanus) pada anak yang bertujuan memberi kekebalandari kuman penyakit difteri,pertusis,dan tetanus. Pemberian vaksin pertama pada usia 2 bulandanberikutnyadenganinterval 4-6minggu.
5.      Imunisasicampakadalahtindakanimunisasidenganmemberivaksincampakpadaanakyangbertujuanmemberikekebalandaripenyakitcampak. Imunisasidapat di berikanpadausia 9 bulansecarasubkutan,kemudian ulang dapat diberikandalam waktu interval 6 bulan atau lebih setelah suntikan pertama .( Asuhan neonatus bayi dan balita : 98-101)
 
E.      MEKANISMEIMUNISASIDALAMPROSESPENCEGAHANPENYAKIT
Imunisasi bekerja dengan cara merangsang pembentukan antiboditerhadap organisme tertentu,tanpa menyebabkan seorang sakit terlebihdahulu.vaksin zat yang di gunakan untuk membentuk imunitas tubuh.Terbuatdarimikroorganismeataupunbagiandarimikroorganisme penyebabinfeksiyangtelahdimatikanataudilemahkantidakakanmembuatpenderitajatuhsakitvaksindimasukankedalamtubuhyang biasanya melalui suntikan.Sistem pertahanan tubuh kemudian akan bereaksi ke dalam vaksinyangdimasukankedalamtubuhtersebutsamasepertiapabilamikroorganismemenyerangtubuhdengancaramembentukantibodikemudianakanmembunuhvaksintersebutlayaknyamembunuhmikroorganisme yang menyerang.Kemudianantibodiakanterusberadadiperedarandarahmembentukimunisasiketikasuatusaattubuhdiserangolehmikroorganisme yang sama dengan yang terdapat di dalam vaksin,makaantibodi akan melindungi tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.Pada anak yaitu:
Polio,campak,rubella,difteria,batuk rejan,meningitis,cacar air,gondongan,dan hepatitis B.Sedangkan terdapat 3 jenis vaksinasi yag di berikan pada kelompok anak-anak ataupun dewasa dengan resiko tinggimenderita infeksi yaitu: Hepatitis A,Influenza,Pneumon.
 
 

 
BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Dari pembahasan masalah di atas dapat di simpulkan:
1.      Imunisasi adalah suatu prosese untuk membuat sistem pertahanan tubuhkebal terhadap infasi mikroorganisme (bakteri dan virus).
2.      Tujuan dari imunisasi adalah untuk menguranggi angka penderitaan suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkankematian pada penderitanya
3.      Macam-macam dari imunisasi adalah imunisasi aktif dan pasif.
4.      Jenis-jenis imunisasi adalah BCG,Hepatitis B,Polio,DTP,Campak.
 
B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan di atas maka di sarankan bagi setiap ibuagar selalu memperhatikan kesehatan bayinya yaitu harus selalu aktif ke posyandu atau tenaga kesehatan terdekat untuk di beri imunisasi karenadengan di beri imunisasi dapat mencegahbayidalamberbagaimacam penyakit.
 

 
DAFTAR PUSTAKA
 
 
 A. Aziz Alimul Hidayat, Asuhan Neonatus Bayi dan Balita.Cetakan 1.Jakarta :Buku Kedokteran EGC 2009. Hal 98-101

 
KATA PENGANTAR
 
Bismillahirahmanirahim,Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan Rahmat,dan Hidayah-Nya sehingga makalah yang berjudul “UPAYA DANPREVENTIVE KESEHATAN BAYI DAN ANAK (IMUNISASI)” ini dapat di selesaikan tepatwaktu dan sebagaimana mestinya. Dan tidak lupa kami ucapkanterimakasihkepada Dosen pembimbing yang telah memberikan tugas kepada kami.Dalampenyusunanmakalahinisayamenyadarimasihbanyak kekurangan, sehingga saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak yang telah meluangkan waktu untuk membaca makalah ini danharapan saya dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s